15 Tips Dan Cara Berjualan Di Instagram Untuk Pemula

15 Tips Dan Cara Berjualan Di Instagram Untuk Pemula

15 Tips Dan Cara Berjualan Di Instagram Untuk Pemula

Di era sekarang ini banyak media sosial yang sudah berkembang mengikuti perkembangan internet yang semakin pesat. Media sosial yang paling banyak dipakai adalah facebook, twitter dan sekarang muncul instagram yang tidak kalah populer. Media sosial terutama instagram sekarang tidak hanya dipakai untuk memposting foto saja dan mencari teman saja, namun menjadi alat untuk berjualan. Cara berjualan di instagram untuk pemula semakin berkembang, ada yang berjualan di akun pribadi, ada juga yang membayar artis untuk mempromosikan produk.

Jika anda tertarik untuk memanfaatkan instagram sebagai media untuk mempromosikan produk, maka anda perlu menerapkan tips dan cara-cara berjualan di instagram untuk pemula yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Cara Berjualan Di Instagram Untuk Pemula

Ada cara berjualan di instagram yang mudah dilakukan untuk pemula, berikut caranya :

1. Membuat Akun

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun instagram. Jika anda serius untuk berjualan di instagram maka buatlah akun yang khusus dipakai untuk berjualan.

Membuat Akun Instagram2

Kenapa begitu? dengan membuat akun khusus untuk jualan, maka akan terlihat profesional dimata calon pembeli. Selain itu juga memudahkan pembeli memilih produk karena tidak bercampur dengan postingan pribadi kita.

2. Buat Nama Yang Mengandung Kata Kunci

Anda bisa membuat nama profil instagram anda dengan nam brand anda, namun untuk di awal alangkah baiknya jika gunakan kata kunci agar akun mudah ditemukan. Setelah mendapat banyak follower anda bisa mengganti nama dengan brand anda.

3. Lengkapi Profil

Lengkapi informasi di bagian profil instagram anda seperti menambahkan deskripsi singkat toko anda, kontak yang bisa dihubungi, jam operasional dan lain-lain. Hal ini ditujukan agar calon pembeli tidak bingung jika akan memesan produk anda.

4. Gunakan Foto Profil Yang Bagus

Foto profil merupakan bagian penting, karena ketika anda melakukan komentar yang terlihat adalah foto profil anda. Gunakan foto profil instagram dengan logo dari brand atau nama toko anda agar kelihatan lebih profesional dan mudah diingat oleh orang. Jika anda tidak mampu membuat logo atau profil yang bagus, anda bisa menggunakan jasa logo agar hasilnya bagus.

5. Mencari Follower

Setelah membuat akun instagram, yang harus anda lakukan adalah mencari followers sebanyak-banyaknya. Banyak keuntungan jika kita mempunyai banyak followers, salah satunya adalah postingan akan banyak dilihat orang.

Menambah Follower Instagram

Ada beberapa cara untuk mendapatkan follower instagram, berikut ini cara yang bisa anda coba:

  • Banyak Posting. Jika anda sering melakukan posting dalam jumlah banyak, maka besar kemungkinan akan mendapat follower dengan cepat. Cara ini cukup efektif, anda bisa mempelajari cara posting yang benar dan mempelajari waktu-waktu yang efektif untuk melakukan posting.
  • Follow Banyak Akun. Cara ini cukup efektif, karena kebanyakan orang akan menfollow balik akun instagram yang memfollow mereka.
  • Beriklan. Cara yang ketiga adalah membuat sebuah iklan instagram, cara ini cukup efektif namun anda harus rela mengeluarkan biaya iklan.
  • Endorse Artis. Jika anda ingin mendapatkan follower instagram dengan cepat, cara yang paling efektif adalah dengan endorse artis yang cocok untuk produk anda.
  • Membeli Follower. Cara berikutnya adalah membeli follower di jasa tambah follower instagram. Cara ini jelas efektif menambah follower, namun follower yang didapat biasanya tidak tertarget.

6. Upload Foto Secara Konsisten

Cara ini sangatlah penting, jadi anda harus bisa konsisten dalam mengupload foto di instagram. Jika anda mampu membuat foto yang bagus dan menarik, maka akan banyak mendapat like, komen dan follower baru. Dalam mengupload foto harus konsisten agar in tagram jualan anda terlihat update dan terlihat lebih terurus dengan baik.

Di awal anda mengupload foto, pastikan akun anda dalam posisi tergembok. Dengan akun yang tergembok maka orang akan terpancing untuk memfollow akun anda untuk melihat keseluruhan dari foto instagram anda.

7. Edit Foto Supaya Menarik

Untuk memiliki foto produk yang bagus tidak harus menggunakan kamera yang mahal atau membayar jasa foto, anda cukup menggunakan smartphone saja bisa bagus. Yang paling penting adalah mengedit foto supaya menjadi kelihatan menarik. Untuk mengedit fotopun sebenarnya bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone, berikut ini aplikasi yang dapat membantu anda:

  • Snapseed. Aplikasi Snapseed adalah editor foto lengkap dan profesional yang dikembangkan oleh Google. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap, diantaranya adalah 29 Fitur dan Filter, termasuk: Healing, Kuas, Struktur, HDR, dan Perspektif. Dengan aplikasi ini anda bisa menjadikan foto yang semula terlihat tidak bagus menjadi lebih profesional.
  • Photo Grid – Collage Maker. Aplikasi foto kolase yang dapat membantu Anda menggabungkan beberapa foto menjadi satu foto. Selain itu, aplikasi ini juga bisa memberikan bingkai untuk foto anda supaya terlihat lebih menarik.

8. Berikan Diskon

Selain mengupload foto dan mengedit foto supaya menarik, anda bisa memberikan diskon agar lebih menarik lagi. Strategi ini cukup efektif dalam menarik konsumen baru, karena banyak orang yang suka dengan kata “diskon”.

Dalam memberikan diskon, lebih baik jika harga memang benar-benar diturunkan, jangan di naikkan dulu baru diberi diskon. Untuk di awal tidak perlu mencari keuntungan yang banyak, yang penting mendapatkan pembeli yang royal terlebih dahulu. Ada 4 tipe program diskon harga, berikut ini penjelasannya:

  • Diskon Kuantitas. Potongan harga diberikan jika pembeli melakukan pembelian dalam jumlah yang ditentukan. Tipe diskon ini ditujukan agar pembeli membeli dalam jumlah yang banyak.
  • Diskon Dagang. Tipe diskon ini juga dikenal dengan sebutan diskon fungsional, yaitu diskon yang diberikan kepada pembeli atas pembayaran untuk fungsi-fungsi pemasaran yang meraka lakukan. Contohnya diskon ini diberikan kepada pembeli yang ikut memasarkan produk anda.
  • Diskon Tunai. Diskon ini dapat berlaku untuk produk dengan sistem pembayaran kredit. Jika kesepakatan di awal pembeli akan melunasi selama 5 bulan, namun pembeli mampu melunasi hanya dalam tempo 4 bulan atau kurang, maka berhak mendapatkan diskon.
  • Diskon Musiman. Potongan harga ini diberikan kepada pembeli yang melakukan pembelian di luar musim tertentu. Contohnya anda menjual payung atau jas hujan, namun pembeli melakukan pembelian di musim panas sehingga pembeli berhak mendapatkan diskon.

9. Gunakan Hastag Yang Tepat

Untuk mendapatkan follower yang tertarget, maka anda harus menggunakan hastag yang tepat sesuai dengan produk yang anda jual. Jika anda menjual baju pasangan atau baju couple maka hastag yang tepat seperti :

#bajucouplemurah #grosirbajucouple #kaoscouple #kemejacouple #jaketcouple

Jangan pernah gunakan hastag yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan produk yang anda jual, lebih baik sedikit follower namun tertarget.

10. Aktif Memberikan Like dan Komentar

Tidak ada salahnya anda aktif memberikan like maupun komentar, karena cara ini juga dinilai efektif dalam memancing orang untuk membuka profil instagram kita. Ada cara yang lebih efektif, berikan komentar untuk postingan akun-akun yang follow akun instagram kompetitor anda. Cara ini bisa jadi lebih efektif karena akun-akun yang anda berikan komentar memiliki minat terhadap produk yang sama.

11. Mengumpulkan Testimonial

Jangan lupa setiap ada orang yang membeli produk anda, mintalah kepada mereka untuk memberikan testimonial. Testimonial ini nantinya bisa digunakan untuk meyakinkan calon pelanggan baru yang belum pernah memesan produk dari anda. Cara ini dinilai sangat efektif dalam meyakinkan calon pelanggan, untuk itu perlu untuk anda terapkan ketika nanti anda sudah mulai berjualan di instagram.

Setelah mendapatkan testimonial, anda bisa menguploadnya secara berkala di akun instagram anda. Dengan begitu instagram anda akan lebih dipercaya, karena sudah terbukti banyak orang yang puas dengan produk anda.

12. Filter Following

Jika anda sudah banyak following akun target market namun tidak banyak yang follow balik akun anda, alangkah baiknya unfollow akun tersebut. Ada tools yang dapat membantu kita mengetahui akun mana saja yang tidak melakukan following, anda bisa memanfaatkannya.

13. Beriklan Dengan Instagram Ads

Tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat iklan berbayar yang dapat anda lakukan langsung melalui instagram, atau membuat iklan instagram melalui facebook yang sudah terhubung dengan instagram. Cara berjualan di Instagram untuk pemula tidak selalu menggunakan cara gratisan, anda perlu mencoba cara yang berbayar juga.

14. Belajar Dari Kompetitor

Anda pasti mempunyai kompetitor yang sudah sukses terlebih dahulu, anda bisa meniru cara mereka dalam berjualan di Instagram. Anda bisa mengembangkan cara-cara yang kompetitor anda gunakan untuk bisa bersaing dengan mereka.

Jika anda pernah mendengar “The Tai-chi Strategy” sebuah strategi yang dikenalkan oleh Laksita Utama Suhud penulis buku “10 Greatest Advertising Secrets” yang telah menjadi best seller.

Strategi ini pada intinya mengajarkan kepada kita untuk membangun keunggulan bersaing dengan meminjam kekuatan lawan-lawan terberat dari bisnis kita dan mengubah kekuatan baru untuk bersaing kembali dengan mereka.

Cara berjualan di instagram untuk pemula yang satu ini cukup efektif, karena anda belajar dari yang sudah berhasil. Jika anda menguasahi kelebihan dari kompetitor anda maka anda akan menang dalam bersaing.

15. Bangun Interaksi Dengan Followers

Dalam berjualan jangan hanya fokus menawarkan dagangan saja, sesekali perlu membangun interaksi dengan topik lain yang menarik. Anda bisa membuat sebuah kuis berhadiah, cara ini cukup efektif untuk membangun kedekatan dengan follower anda.

Cara ini juga dapat membuat follower anda betah dan tidak mudah kehilangan follower. Untuk membangun interaksi tidak harus memberikan hadiah, namun bisa juga dengan membuat pertanyaan seputar produk yang mereka inginkan.

Banyak hal yang harus dipelajari untuk memulai berjualan di instagram, dari pembahasan ini kita telah belajar 15 tips dan cara berjualan di Instagram untuk pemula. Masih banyak yang bisa dipelajari selain cara-cara diatas, anda bisa mengembangkannya sendiri.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *