Tak sedikit penulis yang belum memiliki skill atau kemampuan dalam menulis artikel dengan cepat. Apakah Anda salah satu dari mereka? Jika iya, ada beberapa cara cepat menulis artikel yang dapat Anda coba. Beberapa diantara cara tersebut yaitu berlatih menulis cepat dengan sepuluh jari dan memperbanyak kosa kata. Selain itu, masih ada beberapa cara lain yang dapat Anda coba. Apa saja cara tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Berlatih Menulis Cepat Dengan 10 Jari

Hal ini merupakan poin penting yang harus Anda utamakan. Anda tidak hanya membutuhkan kecepatan dalam mendapatkan ide-ide, tetapi Anda juga perlu cepat dalam menulis. Jika Anda sudah memiliki kemampuan dalam menulis cepat, maka Anda dapat menuliskan ide yang terlintas dalam benak Anda dengan cepat juga. Dengan demikian, ide Anda tidak akan hilang sebelum Anda selesai menulisnya.

Salah satu ciri dari seseorang yang sudah memiliki kemampuan ini yakni seolah-olah tangannya sudah terhubung langsung dengan ide-ide yang ada di pikirannya. Jadi, ketika otaknya memikirkan suatu ide, tangannya akan secara otomatis akan menuju ke berbagai tuts untuk menuliskan ide-ide yang ada di otaknya. Kemampuan menulis dengan cepat ini tentu bukan perkara mudah. Butuh banyak latihan dan juga waktu untuk mendapatkannya. Jadi, mulailah menulis dengan menggunakan 10 jari Anda agar kemampuan tersebut dapat Anda miliki secepatnya.

2. Perbanyak Kosa Kata

Cara cepat menulis artikel berikutnya yaitu memperbanyak kosa kata. Bagaimana mendapatkan skill ini? Ya, Anda harus rajin menulis. Anda dapat memulainya dengan mencari berbagai sumber referensi, baik offline atau online. Setelah itu, Anda dapat menuliskannya kembali dengan menggunakan bahasa Anda sendiri. Jika Anda sudah terbiasa melakukan hal ini, maka kemampuan tersebut akan Anda dapatkan dengan sendirinya.

3. Belajar Memodifikasi Artikel Lain

Langkah berikutnya agar dapat menulis artikel dengan cepat yaitu belajar untuk memodifikasi artikel lain. Ada beberapa tahapan dalam melakukan hal ini yaitu membaca, memahami, dan mengambil inti dari masing-masing paragraf. Setelah itu, Anda dapat mencoba untuk memodifikasi dan menulis artikel tersebut dengan gaya bahasa Anda sendiri. Hal ini dilakukan agar artikel yang Anda buat bukan merupakan hasil dari plagiat.

Jika Anda ingin membuat artikel yang benar-benar murni tanpa ada referensi dari artikel lain, memang sangat bagus. Namun, hal ini sangat sulit untuk dilakukan. Misalnya, Anda akan menulis artikel tentang berbagai wisata di Lombok. Maka Anda mau tidak mau harus menjelajah pulau tersebut untuk bisa membuat artikel tersebut. Jika Anda melakukan hal tersebut, tentu membutuhkan waktu yang sangat lama dan membutuhkan budget yang tak sedikit. Oleh karena itu, mencari artikel referensi lalu memodifikasi dengan bahasa sendiri adalah pilihan terbaik.

4. Pahami Cara Menulis Artikel Dengan Baik Dan Benar

Dalam menulis sebuah artikel, ada suatu kaidah atau ketentuan yang harus Anda lakukan. Hal-hal tersebut terkait banyak hal. Beberapa diantaranya adalah penggunaan kata yang harus disesuaikan dengan EYD, peletakkan tanda baca dan huruf kapital yang benar, dan lain sebagainya. Untuk melakukan hal tersebut, tentu seorang penulis harus mengetahui tata cara menulis artikel yang baik dan benar. Jika skill tersebut sudah dimiliki, maka seorang penulis dapat menulis artikel dengan cepat.

5. Sering Membaca Artikel

Cara cepat menulis artikel selanjutnya adalah sering membaca artikel. Jika Anda terbiasa melakukan hal tersebut, maka Anda akan lebih peka terhadap berbagai gaya bahasa setiap penulisan. Selain itu kemampuan Anda dalam membaca dan merekam akan lebih baik. Bahkan, wawasan Anda tentang kosa kata, gaya penulisan, dan kaidah penulisan akan menjadi lebih baik. Alhasil, Anda akan semakin lihai dalam menulis artikel dengan cepat dan juga tepat.