Bagi pengusaha tour and travel website adalah media yang sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti promosi, transaksi, edukasi dan lainnya. Untuk membuat website tour travel sendiri tidaklah mudah, namun ada cara membuat website tour and travel agar mudah. Untuk membuat website tour travel silahkan ikuti tips dan langkah-langkah yang akan dibahas kali ini. Berikut penjelasannya:

1. Pilih Nama Domain

Sebelum memulai membuat website silahkan tentukan nama domain yang akan digunakan. Nama domain bisa diambil dari nama perusahaan atau bisa juga menggunakan kata kunci yang akan dibidik.

Dalam memilih nama domain, alangkah baiknya jika memilih nama yang simple dan mudah diingat. Hal ini bertujuan agar pengunjung website tidak kesulitan dalam menghafal nama domain ketika suatu saat mereka ingin mengunjungi kembali website anda.

Setelah menentukan nama domain yang akan dipakai, silahkan beli domain di penyedia domain. Banyak layanan yang bisa anda pilih. Biasanya domain .com .net .org harganya sekitar Rp.120.000,- sampai Rp.150.000,- per tahunnya.

2. Sewa Hosting

Hosting ibarat seperti harddisk pada komputer kita. Hosting dipakai untuk menyimpan semua file website yang dibutuhkan untuk membuat website tour and travel.

Kapasitas hosting bisa disesuaikan dengan kebutuhan website yang akan dibuat. Untuk awal-awal sewa hosting dengan kapasitas rendah terlebih dahulu. Jika webiste anda sudah mulai ramai dikunjungi dan konten sudah mulai banyak anda bisa upgrade paket hosting anda.

Harga hosting dengan kapasitas 1GB biasanya harganya sekitar Rp.300.000,- per tahun. Harga bisa berbeda-beda tergantung dengan tempat di mana anda menyewanya.

3. Intsal WordPress

WordPress merupakan platform CMS yang paling populer dan sangat direkomendasi untuk memudahkan kita dalam membuat website. WordPress menyediakan template yang sangat banyak dan bervariasi. Anda bisa menginstalnya secara gratis, namun theme wordpress gratis biasanya fiturnya terbatas.

Jika ingin lebih profesional yang dilengkapi fitur yang lengkap sesuai kebutuhan website, silahkan membeli theme wordpress yang khusus dibuat untuk tour and travel. Harga single lisense biasanya seharga 59$ USD atau sekitar Rp.700.000,-.

4. Setting Website

Setelah menginstal wordpress dan themenya, kini saatnya mengatur website. Di sini biasanya kita harus mengatur tampilan home, profil dan menu-menu lainnya. Untuk cara setting biasanya sudah ada petunjuk pada saat membeli theme.

Untuk membuat website sendiri meman harus melakukan semua pengaturan sendiri. Namun jika anda tidak mau ribet silahkan anda bisa memesan website kepada kami.

5. Isi Konten

Dalam webiste tour and travel biasanya konten berupa paket tour yang disediakan. Selain itu webiste juga bisa kita isi dengan artikel wisata. Artikel ini bermanfaat untuk mengedukasi pengunjung dan juga meningkatkan pengunjung website.

Dalam mengisi konten anda bisa lakukan sendiri atau menyerahkan ke jasa seperti jasa penulis artikel. Pada kenyataannya memang para pemilik website tidak mengisi konten sendiri, namun dengan bekerjasama dengan jasa.