Iklan FB/IG

Iklan Facebook atau Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fan Page yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut.

Disini pemasang iklan wajib memiliki sebuah Fan Page agar pengguna Facebook lainnya bisa memberikan ‘LIKE” atau menjadi follower. Materi dalam Fan Page bisa berupa nama perusahaan, website, produk, individu, merek dagang dan sebagainya.

Nantinya iklan bisa dirancang dengan lebih spesifik sesuai target pasar yang dituju, seperti lokasi, jenis kelamin, demografi, minat, status pernikahan, latar pendidikan dan sebagainya. Tujuan nya tentu agar iklan yang dibuat jadi lebih efektif dan tepat sasaran.

Sudah tahu modelnya Facebook Ads? Letaknya di beranda Facebook pada sidebar kanan. Gambar di bawah tulisan “Bersponsor” itulah iklan Facebook Anda yang bakal terlihat oleh pengguna lain nya.

Kenapa Harus Beriklan di Facebook Ads?

1. Jangkauan yang Luas pada Market Domestik dan Global

Indonesia menduduki urutan kedua sebagai negara pengguna Facebook terbesar setelah United States dengan jumlah angka menembus lebih dari 30 juta pengguna.

Jika Indonesia berpenduduk sekitar 238 juta jiwa, dengan asumsi usia produktif (15 – 60 tahun) sebesar 153 juta jiwa, maka jumlah pengguna Facebook dari usia produktif rata-rata mencapai 22 persen.

Bagi para pemain marketing, tingkat persentase tersebut tentu sangat menggiurkan. Dengan insting pemasaran yang tajam, data tersebut bisa mereka olah untuk di konversi menjadi sebuah laba.

2. Biaya iklan yang murah

Berdasarkan testimoni dari para pengusaha internet yang telah lama memakai FB Ads, mereka mengatakan bahwa Facebook Ads adalah pilihan tempat beriklan yang paling tepat.

3. Prospek Market lebih difokuskan pada data demografi

Ini poin yang paling penting. Dengan memasarkan produk lewat Facebook, target audiens bisa Anda atur berdasarkan umur, jenis kelamin, lokasi, minat, status perkawinan dan masih banyak lagi.

Anda cukup menyesuaikan target iklan dengan produk yang dipromosikan.

4. Sistem Viral Marketing

Tak perlu risau dengan target iklan Anda. Ada sistem marketing yang tak kasat mata dalam iklan di Facebook, yaitu VIRAL MARKETING.

Saat promosi produk Anda diklik oleh minimal 10 orang, dengan viral marketing jumlah klik bisa bertambah berkali lipat dari 100 hingga 1000 orang. Kok bisa?

Sebenarnya ini bukan terjadi secara kebetulan. Melalui tombol “share”, “like”, dan “comment” yang ada pada plugin Facebook, semua itu bisa terjadi.

5. Mudah dan cepat dioperasikan

Ini yang paling disukai banyak orang. Saat iklan selesai Anda buat, dalam waktu singkat iklan Anda akan langsung diterbitkan. Hanya butuh waktu 1 – 2 jam, toko online Anda akan ramai diserbu pelanggan baru Anda.